Wednesday, November 2, 2011

CARA EDIT OPL O.8

OPLutil merupakan program java yang dikembangkan oleh Izdubar yang bisa digunakan di Windows os dan Linux os, dimana sala satu fungsih dari OPLUtil ini bisa kita gunakan sebagai preview (sementara) tema yang akan kita gunakan di OPL 0.8.

Dan dengan kemampuan untuk menampilkan tema OPL di PC tersebut, maka tentunya OPLUtil ini bisa juga membantu kita dalam mengedit suatu tema.


Dan pada tulisan ini akan kita coba gunakan oplutil khusus sebagai preview opl theme atau hanya sebagai penampil tema saja, walaupun sebenarnya kemampuan dari oplutil ini bukan cuma sekedar penampil tema opl, melainkan beberapa kemampuan yang lain lagi yang bisa kita baca di README yang ikut bersama OPLUtil.


Okey.... Untuk lebih jelasnya cara instalasi dan penggunaan oplutil ini sebagai preview tema opl versi 0.8, maka kita mulai mencoba-nya.


Pertama-tama tentunya adalah mendownload software-nya dulu.


Untuk program standar dari oplutil bisa didownload di psx-scene.com.


Sementara program yang sudah saya sertakan file-file pendukung untuk preview tema opl di oplutil bisa download disini (beserta oplutil versi Indonesian).


Okey....


Untuk lebih memudahkan cara instalasi dan pengaturan-nya, maka pada contoh ini Saya asumsikan bahwa OPLutil berada pada drive C harddisk komputernya.


C:\OPLUtil\


Install programnya dan pastikan source install-nya ke C:\Oplutil\, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Okey.....

Pada OPLUtil (pada revisi ini) mendukung penampilan untuk menu USB_Games dan Network_Games, serta menu APPS.

Dan untuk menu USB_Games, semua file-file tema dan pendukungnya ditempatkan didalam folder USB, dan didalam folder USB terdapat beberapa folder lagi dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Folder ART digunakan untuk menyimpan gambar art pendukung tema.
  • Folder DVD digunakan untuk menyimpan judul game, dan sudah disertakan 20 judul game yang sudah siap digunakan untuk membantu dalam preview tema di OPLUtil.
  • Folder THM digunakan untuk menyimpan tema yang akan dilihat tampilannya di OPLUtil.

Untuk menu Network_Games, semua file-file tema dan pendukungnya ditempatkan didalam folder PS2SMB, dan didalam folder PS2SMB terdapat beberapa folder lagi dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Folder ART digunakan untuk menyimpan gambar art dari pendukung tema.
  • Folder DVD digunakan untuk menyimpan judul game, dan sudah disertakan 20 judul game yang sudah siap digunakan untuk membantu dalam preview tema di OPLUtil.
  • Folder THM digunakan untuk menyimpan tema yang akan dilihat tampilannya di OPLUtil.

Sementara judul-judul game yang terdapat pada folder DVD yang saya sertakan hanya merupakan file kosong yang di rename sesuai dengan format nama file iso game yang dibaca oleh OPL, dan semuanya terdiri dari 20 judul game yang akan kita gunakan untuk membantu dalam penampilan tema nantinya di oplutil.

Judul-judul game tersebut masih bisa kita tambah lagi atau kita rubah sesuai dengan ke inginan teman-teman, atau jika memang ingin yang lebih baik lagi (kapasitas harddisk komputernya mencukupi), maka ganti semua file-file iso game tersebut dengan file-file iso game PS2 sebenarnya.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini judul-judul iso game (file kosong) yang saya sertakan didalam folder DVD untuk ditampilkan oleh Oplutil di menu Network Games.


Sementara contoh tema yang saya sertakan untuk menu Network Games adalah NO NAME Theme yang ada pada folder PS2SMB\THM\, sementara untuk menu USB Games adalah Lantern Theme yang ada pada folder USB\THM\, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya Open with oplutil_*.jar dengan Java seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan setelah itu pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini
(oplutil_Indonesian.jar)


Selanjutnya mengatur persiapan path yang digunakan oleh oplutil untuk mengakses file-file yang dibutuhkan dengan mengklik Pangaturan >> Persiapan atau tekan Alt+O+P, dan isi pengaturan-nya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pada persiapan ini kita input-kan untuk :

PS2SMB share: C:\Oplutil\PS2SMB
USB device path: C:\Oplutil\USB
Sementara untuk pengaturan yang lain, sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing

Jika ingin agar Oplutil menampilkan juga contoh preview dari menu APPS, maka letakkan konfigurasi aplikasi (conf_apps.cfg) di dalam folder Oplutil, kemudian pada pengaturan persiapan diatas kita input-kan

Applications file: C:\Oplutil\conf_apps.cfg

Selanjutnya klik Ok, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.


Untuk menerapkan tema yang sudah kita letakkan pada folder THM, maka klik pada Tema, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya klik nama tema yang sudah kita peruntukkan untuk menu USB Games, dan pada contoh ini adalah tema Lantern, dan setelah itu akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada display setting yang ada dibagian bawah window oplutil, gunanya sebagai berikut:

  • Type PS2 => Jika yang ditandai adalah PAL, maka oplutil akan menampilkan tema-nya jika tema tersebut digunakan pada PS2 PAL, sementara jika yang ditandai adalah NTSC, maka oplutil akan menampilkan tema-nya jika digunakan pada PS2 NTSC.
  • Model TV => Jika yang ditandai adalah 4:3, maka oplutil akan menampilkan tema-nya jika tema tersebut ditampilkan pada TV standar, sementara jika yang ditandai adalah 16:9, maka oplutil akan menampilkan tema jika tema tersebut digunakan pada TV wide screen (HDTV atau TV layar lebar).

Okey...

Sekarang untuk menggerakkan kursor atau memindahkan ke menu games yang lain, maka terlebih dahulu klik pada bagian judul game, dan setelah itu gunakan tombol arah keyboard

  • Tombol keyboard arah atas [▲] dan bawah [▼] berfungsih untuk memilih judul-judul item/game.
  • Tombol keyboard arah kiri [◄] dan kanan [►] berfungsih untuk pindah menu games.

Sekarang jika saya tekan tombol keyboard arah bawah [▼], maka kursor-nya akan pindah memilih-milih judul game (warna tulisan kursor berpatokan pada warna sel_text_color yang ada pada conf_theme.cfg).

Dan jika judul game yang dipilih ditemukan juga gambar art-nya (contoh gambar art disertakan pada folder ART), maka oplutil akan menampilkan juga seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Kemudian jika tekan tombol keyboard arah ►, maka akan berpindah ke menu Network Games seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya terapkan tema yang kita masukkan untuk preview network games, dan pada contoh ini adalah tema NO NAME dengan cara seperti yang sudah dijelaskan diatas, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tema NO NAME ini baik untuk TV standar (4:3), maupun untuk versi wide screen (16:9) saya upload dan bisa didownload di opl.psx-scene.com (JNABK website).

Untuk melihat tampilan jika tema menggunakan gambar art (contoh disertakan pada folder ART), maka gerakkan cursor pada judul DEATH BY DEGREES, dan setelah itu akan seperti pada contoh gambar dibawah ini. (warna tulisan cursor mengikuti pengaturan warna sel_text_color pada conf_theme.cfg untuk thm_NO NAME).


Nah... coba pilih judul game yang lain (tekan tombol arah ▲ atau ▼), lalu tekan tombol keyboard ◄ atau ►, maka oplutil akan menampilkan tema tersebut jika digunakan pada mode menu games yang lain... Asyik khan oplutil sengihnampakgigi.

Dengan adanya kemampuan oplutil untuk menampilkan warna tulisan dan posisi kordinat dari setiap elemen tema (kecuali untuk pengaturan cover_overlay pada revisi ini belum maksimal), maka kita bisa gunakan untuk mengatur posisi setiap elemen tema yang kita buat, dengan tentunya merubah kode-kode kordinat dan kode-kode warna yang ada pada pengaturan tema (conf_theme.cfg) yang sedang kita tampilkan di oplutil.

Selesai


0 comments:

Post a Comment

Loading...

Popular Posts

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons